Friday, December 23, 2016

Info: Tarian Yosakoi

Hasil gambar untuk hanayamata gif tumblr
 
Ohayou gaezz 
Lama banget ya ga balik-balik :v ga balas pesan juga
maklum sibuk manfaatin holidaee
dipostingan kali ini ku mau kasih info tentang tarian yosakoi
            
Apa sih Tarian Yosakoi ?
Pengertian tarian ini dalam bahasa Indonesia sendiri, Yosakoi adalah Datanglah kau malam ini. Menurut kisah lain, kata Yosakoi berasal dari seruan para pekerja bangunan ketika membangun Istana Kōchi di masa pemerintahan Yamauchi Katsutoyo (1596-1615). Mereka menyerukan "Yoisho koi, yoisho koi" agar bersemangat ketika mengangkati bahan bangunan.
Tarian ini sendiri biasa di temukan pada musim panas di Jepang.  Yosakoi adalah tari dengan ciri khas gerakan tangan dan kaki yang dinamis. Tari ini berkembang sebagai bentuk modern tari musim panas Awa Odori. Sambil menari, di kedua belah tangan, penari pria dan wanita segala umur membunyikan perkusi dari kayu yang disebut naruko. Mulanya, naruko dipakai untuk mengusir burung-burung di sawah, namun sekarang menjadi pelengkap tari.
Penari menggunakan Yukata baju tradisional jepang dan tiap perserta harus tampil dengan Yukata semenarik mungkin.  Sejarah festival Yosakoi pertama kali diadakan pada 10 Agustus-11 Agustus 1954 di kota Kochi. Peserta festival waktu itu berjumlah 750 penari yang tergabung dalam 21 kelompok. Sebelumnya, tari Yosakoi pertama kali dipentaskan di muka umum sebagai tari kreasi baru pada Pameran Dagang dan Industri Prefektur Kochi, Maret 1950. Pada penyelenggaraan ke-30 tahun 1984, penari yang ikut serta sudah mencapai 10.000 orang.
 
Gambar Yosakoi:

Hasil gambar untuk yosakoi 
Hasil gambar untuk yosakoi
  
Apa itu Naruko ? 
 Naruko (鳴子 ) adalah perkusi dari kayu asal Jepang. Pada awalnya naruko adalah alat pertanian untuk menakuti kawanan burung dan hewan pengganggu agar tidak memakan padi yang sedang di tanam di sawah. Bentuknya berupa papan kecil yang digantungi bilah-bilah kecil dari bambu atau kayu pada kedua sisinya.
Gambar Naruko :




 
 
 
Sayonaraaa~

No comments:

Post a Comment

Moshi - Moshi

Leave comment here
Request ? tell in cbox
Dont bad words

Obey the rules ? Free comment :)

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...